Get Adobe Flash player
JADWAL SHALAT  Subuh 04:35 WIB | Dzuhur 11:47 WIB | Ashar 14:59 WIB | Maghrib 17:49 WIB | Isya 18:54 WIB

Ekonomi & Bisnis

Ini Daftar Obat Tradisional Ilegal Berbahaya

"Jamu-jamu ilegal dan import itu sangat berbahaya bagi konsumen. Itu sama dengan narkoba," kata Ketua YPKKI Marius Widjajarta

Rabu, 30 Januari 2013 13:55 hurry | red|
Ini Daftar Obat Tradisional Ilegal Berbahaya
Jamu Ilegal
Jakarta,POL

PERTUMBUHAN penjualan jamu Indonesia secara makro setiap tahun naik sebesar 10 persen dengan total pangsa pasar nasional sebesar Rp14 trilun.

Namun secara mikro, kenaikan angka penjualan itu lebih akibat dari naiknnya harga dari biaya produksi jamu (bukan kenaikan nilai jual).

Kendala utama industri jamu nasional adalah masih banyaknya beredar jamu-jamu berbahan kimia obat (BKO), jamu ilegal, jamu import ilegal dan peraturan atau regulasi tentang cara produksi obat tradisional.

Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) menilai tidak ada jaminan keamanan bagi konsumen peminum jamu dan herbal tradisional lokal dan impor.

Hal itu oleh YPKKI didasarkan pada hasil survei yang dilaksanakan pada Januari 2013 di lima kota, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, dan Surabaya. Dalam surveinya, YPKKI menemukan beberapa fakta jamu ilegal yang terdaftar dan tidak terdaftar yang beredar mengandung BKO.

 "Jamu-jamu ilegal dan import itu sangat berbahaya bagi konsumen. Itu sama dengan narkoba," kata Ketua YPKKI Marius Widjajarta pada acara komferensi pers bertajuk "Hasil monitoring jamu kimia, jamu ilegal, dan jamu cina yang telah dipublik oleh BPOM pada Lima Kota di Indonesia" di Warung Daun Cikini, Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Marius menilai bahwa Badan pengawas obat dan makanan (BPOM) terbukti tidak menjamin hak atas keamanan konsumen pemakai jamu herbal atau obat tradisional yang beredar sesuai dengan UU perlindungan konsumen.

Kinerja BPOM dinilai juga sangat lemah dan tidak mempunyai grand desain terhadap pemberantasan jamu BKO, jamu ilegal dan herbal tradisional Cina ilegal.

"Lemahnya kinerja tersebut ditandai dengan masih banyaknya jamu BKO yang telah dipublik warning sejak 2001-2002. Bahkan beberapa jamu di public warning BPOM hingg berkali-kali," pungkasnya. 

Khusus herbal tradisional Cina ilegal YPKKI menilai BPOM untuk tidak serta merta selalu menyalahkan institusi lain seperti Bea Cukai, dikarenakan unsur pengawasan peredaran produk jadi herbal tradisional ilegal adalah tanggungjawab BPOM.

YPKKI memperkirakan masih banyak jamu, herbal tradisional Cina resmi dengan no registrasi BPOM diperkirakan mengandung BKO. Penilaian itu disampaikan dari hasil laporan pengaduan konsumen ke YPKKI, yang merasakan banyak efek samping setelah minum produk jamu tersebut.

Efek samping yang dilaporkan sangat mirip dengan efek samping dari bahan kimia obat tersebut. Menurutnya, efek samping yang dilaporkan sangat mirip dengan efek dari bahan-bahan kimia obat tersebut.

Untuk jamu obat kuat, konsumen selalu merasakan tekanan darah yang meningkat, muka merah, pusing, mual dan sakit leher (diduga positif sildenafil). Untuk jamu pelangsing dilaporkan adanya rasa haus yang berlebihan, gemetaran dan denyut jantung yang tidak teratur (diduga positif sibutramine). Untuk jamu pegal linu, dilaporkan setelah meminum produk tersebut, biasanya warna urin berubah menjadi berwarna merah (diduga positif ibuprofen).

Marius menyebutkan jamu ilegal yang terdaftar dan tidak terdaftar itu misalnya:

Pegal Linu seperti sehat badan produsen PJ. Cipta Rasa berbentuk serbuk,

Daun mujarab produsen PJ Warisan jaya bentuk sediaan serbuk, 

Buah merah amrat produsen PJ. Rempah Alam Papua bentuk sediaan kapsul,

Samlin produsen Samlinu bentuk sediaan kapsul,

KBM produsen PJ sari manjur bentuk sediaan kapsul,

Buah merah makota dewa produsen PJ. Rempah Alami bentuk sediaan kapsul,

Donrat produsen PJ. Cipta rasa bentuk sediaan kapsul,

Montalin produsen PJ. Air madu bentuk sediaan kapsul,

Sehat badan produsen PJ Cipta Rasa bentuk sediaan kapsul,

Ginseng korea produsen PJ Shadewo Sinar bentuk sediaan kapsul,

Pil mujarab produsen Malaysia bentuk sediaan pil,

Tawon liar produsen PT Maju Jaya bentuk sediaan kapsul,

KBM produsen PJ Sari Madu Jaya bentuk sediaan kapsul,

Wijaya kusuma produsen PJ ibnu Sabil bentuk sediaan serbuk,

Akar dewa pegal linu asam urat produsen Ud. Citra alam bentuk sediaan serbuk,

Xiang ling produsen PJ. Akar baru mujarab bentuk sediaan kapsul,

Sari mahkota dewa produsen Cv Prima bentuk sediaan cairan,

SDM produsen PJ. Manjur Alami bentuk sediaan serbuk

Dan masih banyak obat-obat yang berbahaya lainnya.

Dibaca 7185 kali

Pelita Online hari ini
Tinggalkan komentar....
Ekonomi & Bisnis
Jalur Mudik Slawi, Kondisi Bahaya

Jalur Mudik Slawi, Kondisi Bahaya

Mestinya, sebelum arus mudik tiba, jalur alternatif diperbaiki.