Leader%20board%20970%20x%2090%20px%20(3)
JADWAL SHALAT  Subuh 04:35 WIB | Dzuhur 11:47 WIB | Ashar 14:59 WIB | Maghrib 17:49 WIB | Isya 18:54 WIB

Ekonomi & Bisnis

Dari Tebu Menghasilkan Wisatawan, Koq bisa..

Peranan petani tebu Yogyakarta ternyata bukan saja sekedar memikirkan keuntungan dari hasil panen tebu, ternyata ikut peduli meningkatkan kunjungan wisatawan

Senin, 8 Juli 2013 12:05 mrh I hrm|
Dari Tebu Menghasilkan Wisatawan, Koq bisa..
Kereta pengangkut tebu, sekarang jadi kereta wisata
Yogyakarta, POL

ADA cerita menarik dari kisah sebatang tebu dalam memicu kegiatan petani tebu Yogyakarta yang terhimpun dalam APTRI (Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia). Ternyata sebatang tebu milik petani dihargai dua rupiah per batang.

“Sebatang tebu modal kami dan itu tidak tercatat tapi sudah merupakan keharusan untuk menggerakan kegiatan petani tebu Yogya. Secara otomatis kami siap bergerak dengan dana yang terkumpul dari arisan sebatang tebu termasuk untuk biaya demo memprotes kebijakan pemerintah,” kata H Sugiyanto, Ketua I DPC APTRI DIY.

Peranan petani tebu Yogyakarta ternyata bukan saja sekedar memikirkan keuntungan dari hasil panen tebu, ternyata ikut peduli meningkatkan kunjungan wisatawan untuk mengujungi daerah tujuan wisata didaerah ini. Seperti yang ditunjukan petani tebu Zainuri asal Dusun Selarong Guwosari Kecamatan Kasihan Bantul.

“Saya memang sengaja memilih tempat wisata goa selarong yang tercatat dalam sejarah perjuangan bagaimana Pangeran Diponegoro memusatkan perang gerilya disini,’ kata Zainuri, petani tebu itu.

Dalam lomba tanam tebu tingkat DIY, Zainuri terpilih mewakili Kabupaten Bantul bersaing dengan petani tebu Suparno dari Kabupaten Sleman dan petani tebu Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul.

“Luas areal lahan tebu yang saya punya ada enam belas hektar yang sebagian besar lahannya berada disekitar monumen perjuangan goa selarong. Saya menaruh prihatin minimnya warga yang berkunjung ketempat bersejarah ini itulah maksud saya kegiatan lomba tebu kali ini dilaksanakan disini,” kata Zainuri yang selama dua puluh tahun bekerja sebagai petani tebu.

Dibaca 453 kali

Tinggalkan komentar....
Ekonomi & Bisnis
BSN Tetapkan ISO 26000 Pada Tahun Depan

BSN Tetapkan ISO 26000 Pada Tahun Depan

Delta merupakan masalah yang sangat kompleks dan multidisiplin yang pemecahannya juga harus dilakukan secara terintegrasi dan terkoordinasi.